Sensasi Maros Karst Tower

Sensasi Maros Karst Tower

Like
294
0
Friday, 12 February 2016
100% Makassar
Test Lagi
Dinas Koperasi
Gugusan Karst Ramang-ramang, Maros

Gugusan Karst Ramang-ramang, Maros

Iwan R. Rachman – Langitku Networks

Bagai sebuah menara, punggung Goa Karst Maros mengepung Ramang-ramang, sebuah kampung di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Membentang dari utara ke selatan, dengan stalaktit dan stalagmit menggantung. Bagai mencipta simponi, juga ikan bakar

“Sensasinya luar biasa. Karst Maros, keren…”

Menikmati suguhan karst tak perlu jauh-jauh ke Vietnam atau Tiongkok. Dekat dari Makassar pun ada. Ditempuh sekitar satu jam ke arah kabupaten Maros. Dari dermaga sungai di sisi jalan menuju lokasi pabrik semen Bosowa, pengunjung naik sampan tradisional menyusuri sungai menuju kampung Ramang-Ramang.

Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan gugusan pohon nipah yang berada di antara formasi batuan karst  yang berbentuk menara seolah mengepung kampung Ramang-ramang.  Setiap pengunjung, dengan mudah dapat menikmati keunikan proses formasi batuan yang terjadi jutaan tahun lalu. Batuan itu, berbentuk menyerupai lelehan lilin berwarna gading dan merah, di dalam gua.

Goa Karst Maros, atau  Maros Karst Tower terletak di dalam wilayah Bantimurung Bulusaraung National Park. Karst ini diakui sebagai kawasan karst terbesar kedua di dunia setelah Guangzhou di Tiongkok. Gugusan karst meliputi area seluas sekitar 43.000 hektar, memiliki  286 goa. Lebih dari 30 di antaranya diklasifikasikan sebagai goa purbakala (jaman pra sejarah). Kawasan Karst Maros, disebut karst tower karena tergolong karst  menara atau karst tropika klasik yang menyebar dari utara hingga selatan.

Eksotika Karst Maros dapat dinikmati sambil mencicipi gurihnya ikan tawar. Ketua Kelompok Pemerhati Pariwisata, Ismail Baso melayani pengunjung dengan sajian ikan dari tambak. Ismail, yang hampir saban hari berada di area karst menyuguhi para tamunya  dengan ikan bakar, sebagai menu santap siang. “Mereka boleh saja menangkap ikan sendiri sesuai keinginannya, langsung dari tambak,” katanya.

“Sensasinya luar biasa. Stalaktit dan stalagmit seperti mencipta simponi. Ditutup dengan sajian ikan bakar dari tambak. Karst Maros benar-benar keren…,” ujar Nadia, seorang pengunjung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *