Bahaya Fatal Menahan Bersin

Bahaya Fatal Menahan Bersin

Like
34
0
Tuesday, 16 January 2018
Healthy Life

KOMPAS.com – Bersin merupakan respon alami tubuh terhadap sebuah rangsangan pada organ pernapasan. Jika sedang berada pada momen yang tidak tepat, biasanya kita memilih untuk menahan bersin. Tapi, berhati-hatilah karena menahan bersin ternyata berdampak buruk bagi tubuh.

Dikutip dari BBC, menahan bersin bisa menyebabkan kerusakan tenggorokan, pecahnya gendang telinga, hingga pecahnya pembuluh darah pada otak.

Contoh nyata terjadi pada seorang pria berusia 34 tahun di Leicester, Inggris. Pria tersebut mengalami kerusakan tenggorokan saat mencoba untuk menahan bersin dengan cara menjepit hidung dan menutup mulutnya.

Karena ditahan, tekanan tersebut menyobek selaput tipis yang ada di tenggorokan. Meskipun kasus ini jarang dan tidak biasa, namun dokter menyarankan kita untuk berhati-hati.

Dalam jurnal BMJ Case Reports, disampaikan bahwa bersin juga bisa merusak telinga bahkan menimbulkan pembengkakan pembuluh darah.

Pria yang mengalami kerusakan telinga tersebut mengatakan, bahwa dirinya merasakan sensasi pecah di lehernya ketika hal itu terjadi. Seketika, ia merasakan sakit serta kesulitan menelan dan bicara.

Setelah dokter melakukan pemeriksaan, mereka menemukan adanya pembengkakan dan nyeri pada bagian tenggorokan dan leher pria tersebut.

Hasil rontgen menemukan bahwa sejumlah udara merembes dari pipa udara ke selaput tipis di lehernya. Pria tersebut kini harus makan melalui selang untuk tujuh hari ke depan selama penyembuhan selaput di tenggorokannya.

Setelah menghabiskan waktu satu minggu di rumah sakit, pria tersebut bisa pulang ke rumah untuk pemulihan.

Para dokter dari Departemen THT Leicester Royak Infimary menyampaikan bahwa menahan bersin agar tak keluar lewat hidung dan mulut adalah tindakan yang berbahaya dan harus dihindari.

Meskipun baik untuk dilepaskan, pastikan untuk menutup mulut dengan tisu saat bersin. Hal ini untuk menghindari penyebaran penyakit.

PenulisNabilla Tashandra
EditorLusia Kus Anna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *