80% Lalu Lintas internet di 2019 bakal Dikuasai Video

80% Lalu Lintas internet di 2019 bakal Dikuasai Video

Like
15
0
Wednesday, 25 April 2018
Sains & Techno

Muhamad Imron Rosyadi – detikInet

Jakarta – Konsumsi media dalam format digital meningkat secara global. Hal ini disebabkan meroketnya jumlah perangkat yang mampu mendukung media digital sejalan dengan peningkatan kecepatan akses internet.

Laporan Delloite menyebutkan, sebagian besar pertumbuhan data ini dikaitkan dengan berbagai jenis media digital, terutama pada layanan hiburan. Studi terbaru Cisco mengatakan, 80% lalu lintas internet pada 2019 adalah video.

Sementara studi Pew Research 2017 menunjukkan, 70% pengguna smartphone berbagi video, gambar atau komentar mereka tentang peristiwa yang terjadi di komunitas mereka. Hal tersebut dilakukan pengguna hampir 45% di antaranya melakukannya dengan cukup sering.

Adapun Statista memprediksi jumlah aplikasi seluler akan terus meningkat. Pada 2016, konsumen mengunduh 149,3 miliar aplikasi seluler ke perangkat mereka. Pada 2021, angka ini diperkirakan akan mencapai 352,9 juta unduhan.

Transfer Data

Pertumbuhan konten yang kian besar ini ternyata juga berimbas pada pesatnya jumlah pengguna transfer data digital. Salah satu aplikasi yang ketiban untung adalah SHAREit yang mengklaim telah digunakan oleh 1,3 miliar pengguna.

SHAREit menjadi solusi transfer file antar perangkat dan platform dengan sistem operasi yang berbeda. Itu sebabnya aplikasi ini disukai para pengguna perangkat multiplatform seperti Android, iOS, Windows Phone dan Windows PC.

Tanpa memerlukan koneksi internet, aplikasi ini diklaim bisa memberikan akses 200 kali lebih cepat ketimbang Bluetooth serta mencapai kecepatan pengiriman hingga 20 Mbps tanpa menurunkan kualitas. (rou/rou)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *