Bumi Super Ditemukan, Kondisinya Mengejutkan

Bumi Super Ditemukan, Kondisinya Mengejutkan

Like
59
0
Sunday, 18 November 2018
Sains & Techno

Fino Yurio Kristo – detikInet

Jakarta – Sebuah planet yang dijuluki Bumi Super ditemukan oleh ilmuwan di Institute of Spaces Sciences di Spanyol. Ia berada di dekat bintang bernama Barnard’s Star, salah satu bintang yang jaraknya paling dekat dengan tata surya kita.

Bintang Barnard sendiri merupakan sejenis matahari kuno kecil, dijuluki katai merah. Meski sulit dilihat tanpa teleskop, Bintang Barnard lama menarik perhatian para ilmuwan karena merupakan bintang yang bergerak paling cepat di langit malam.

Dikutip detikINET dari USA Today, planet tersebut tiga kali lebih besar dari massa Bumi. Sedangkan temperaturnya 238 derajat di bawah nol sehingga mungkin beku keadaannya.

Adapun letaknya planet dan bintang tersebut 30 triliun mil dari Bumi. Sang planet disebut Barnard’s Star b yang termasuk Exoplanet, sebutan untuk planet yang berada di luar tata surya kita.

Barnard’s Star b mengorbit bintangnya dalam waktu sekitar 233 hari, lebih sedikit dari waktu orbit Bumi yang 365 hari, namun lebih lama ketimbang Exoplanet lain yang telah ditemukan.

“Setelah analisis yang sangat hati-hati, kami 99% yakin bahwa planet itu ada di sana,” sebut salah satu penelitinya, Ignasi Ribas.

Mereka menggunakan data dari beragam teleskop untuk menemukannya. Letaknya dianggap tidak cukup ideal untuk keberadaan air mengalir sehingga kecil kemungkinan ada kehidupan.

Terlebih, sinar dari Barnard’s Star ke planet itu juga hanya 2% dibandingkan energi yang diterima Bumi dari Matahari. Studi mengenai sang planet telah dipublikasikan di jurnal Nature.

Perlu dicatat bahwa Bumi Super adalah sebutan untuk planet luar surya yang lebih besar daripada Bumi tetapi lebih kecil daripada planet gas raksasa. Istilah Bumi super hanya merujuk pada massa planet dan tak berhubungan mengenai kondisi permukaan atau habitat. Tidak berarti pula memiliki suhu atau lingkungan mirip dengan Bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *