Jerman Izinkan Uji Coba Mobil Otonom di Jalan Umum

Jerman Izinkan Uji Coba Mobil Otonom di Jalan Umum

Like
134
0
Wednesday, 17 May 2017
Automotive

Muhammad Alif Goenawan – detikInet

Jakarta – Uji coba mobil otonom di penjuru dunia sudah mulai digeber. Di Jerman misalnya, negara ini sudah mulai mengizinkan uji coba mobil otonom di jalan raya.

Mengaspalnya mobil otonom di jalan raya sebenarnya sudah bukan jadi hal yang baru. Beberapa negara sebelumnya, seperti di Amerika Serikat bahkan sudah lebih dulu mengizinkan perusahaan teknologi dan pabrikan mobil untuk menjajal mobil tanpa sopirnya.

Nah, untuk Jerman sendiri, perihal uji coba mobil otonom dan payung hukumnya ini juga sudah menjadi perdebatan dan digodok oleh Kanselir Jerman, Angela Merkel sejak tahun lalu. Hanya saja, baru terealisasi tahun ini.

Meski memperbolehkan mobil otonom mengaspal di jalan raya, seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Selasa (16/5/2017), pemerintah tetap memberi sejumlah aturan, seperti salah satunya menghadirkan seorang sopir di dalam mobil. Hal ini tak lain untuk berjaga-jaga jikalau mobil mendadak hilang kendali.

Tidak hanya itu, aturan juga mengharuskan mobil ditanamkan sebuah kotak hitam yang fungsinya untuk merekam seluruh perjalanan. Rekaman ini nantinya akan menjadi bukti bilamana terjadi insiden dan siapa yang harus disalahkan.

Pun begitu, aturan ini membuat lega sejumlah produsen mobil asal Jerman, seperti BMW, Daimler, dan Volkswagen. Dengan adanya aturan ini, mereka tak perlu ke luar negeri hanya untuk menguji coba mobil otonomnya.

(mag/yud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *